Memahami Apa Itu Mesin Kalor dan Mesin Diesel

Memahami Apa Itu Mesin Kalor dan Mesin Diesel
Memahami Apa Itu Mesin Kalor dan Mesin Diesel

Memahami Apa Itu Mesin Kalor dan Mesin Diesel

MESIN KALOR

Mesin kalor merupakan salah satu penggerak mula yang menggunakan energi thermal dari hasil pembakaran untuk mengubah menjadi energi mekanik. meninjau dari cara memperoleh energi thermal, mesin kalor dibedakan menjadi dua yaitu mesin pembakaran luar (External Combustion Engine) dan mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine).

Pada mesin kalor pembakaran luar, proses pembakaran terjadi di luar mesin itu sendiri dimana energi thermal (panas) dari gas hasil pembakaran dipindahkan ke fluida kerja mesin melalui beberapa dinding pemisah, contohnya pada mesin uap. Sedangkan pada mesin kalor pembakaran dalam, proses pembakaran terjadi di dalam mesin itu sendiri dimana gas hasil pembakaran sekaligus sebagai fluida kerja mesin.

BACA JUGA: 1. Gaji Tukang Las yang penghasilannya mencapai sekitar 4.2 Miliar Rupiah

Mesin kalor pembakaran dalam pada umumnya dikenal dengan nama motor bakar. Dalam kelompok ini terdapat motor bakar torak. Motor bakar torak terdiri dari silinder sebagai ruang bakar, dimana dalam silinder terdapat torak (piston) yang bergerak secara translasi (bolak-balik).

Hasil pembakaran oksigen dengan bahan bakar menghasilkan energi yang dapat menekan torak dan kemudian diteruskan ke poros engkol melalui batang penghubung (batang penggerak) untuk diubah menjadi gerakan. Motor bakar torak itu sendiri, dibedakan menjadi dua jenis yaitu motor 2 langkah dan motor 4 langkah.

MESIN DIESEL

Pada sistem ini, terbakarnya bahan bakar karena proses penyalaan sendiri dimana bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar yang berisi udara bertekanan dan bertemperatur tinggi yang dikarenakan proses kompresi, sehingga bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya. Motor diesel ini lazim disebut CIE (Compression Ignation Engine).

Gambar 1.1 Diagram P – v Siklus Tekanan Konstan

(1–2)  Proses kompresi  secara isentropik.

(2–3)  Proses pembakaran pada tekanan konstan.

(3–4)  Proses ekspansi secara isentropik.

(4–1)  Proses pengeluaran energi bentuk panas pada volume konstan.

Memahami Apa Itu Mesin Kalor dan Mesin Diesel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: