X

Apa itu Engineering? Definisi, Cabang, dan Prospek Karir

Profesi Engineering: Menerapkan Ilmu untuk Kemajuan

Kata “teknik” berasal dari akar kata Latin “ingeniere” yang berarti merancang atau menciptakan. Kata ini juga menjadi dasar dari kata “cerdas”. Arti tersebut sangat tepat untuk menggambarkan sifat-sifat seorang Engineering yang baik.

Pada dasarnya, Engineering menggunakan pengetahuan mereka di bidang matematika, sains, dan material – serta keterampilan komunikasi dan bisnis – untuk mengembangkan teknologi baru dan lebih baik. Berbeda dengan metode coba-coba, Engineering dilatih untuk menggunakan matematika, prinsip sains, dan simulasi komputer sebagai alat untuk menciptakan desain yang lebih cepat, lebih akurat, dan lebih ekonomis.

Baca Juga: Memahami Fondasi Teknik Mesin: 7 Elemen Penting

Dalam hal ini, pekerjaan seorang Engineering berbeda dari pekerjaan seorang ilmuwan. Seorang ilmuwan biasanya lebih menekankan penemuan hukum fisika daripada menerapkan fenomena tersebut untuk mengembangkan produk baru.

Teknik pada dasarnya adalah jembatan antara penemuan ilmiah dan aplikasi produk. Teknik tidak ada hanya untuk memajukan atau menerapkan matematika, sains, dan komputasi itu sendiri. Sebaliknya, teknik adalah pendorong pertumbuhan sosial dan ekonomi serta bagian integral dari siklus bisnis.

Engineering: Memecahkan Masalah dan Memajukan Kehidupan

Engineering menerapkan teori dan prinsip sains dan matematika untuk meneliti dan mengembangkan solusi ekonomis untuk masalah teknis. Pekerjaan mereka adalah jembatan antara kebutuhan sosial yang dirasakan dan aplikasi komersial.

Para Engineering merancang produk, mesin untuk membangun produk tersebut, pabrik tempat produk dibuat, dan sistem yang memastikan kualitas produk serta efisiensi tenaga kerja dan proses produksi. Mereka merancang, merencanakan, dan mengawasi pembangunan gedung, jalan raya, dan sistem transit.

Engineering juga mengembangkan dan menerapkan cara-cara baru untuk mengekstraksi, memproses, dan menggunakan bahan mentah, seperti minyak bumi dan gas alam. Mereka mengembangkan bahan baru yang dapat meningkatkan kinerja produk dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Selain itu, mereka memanfaatkan tenaga matahari, bumi, atom, dan listrik untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, dan menciptakan jutaan produk menggunakan tenaga tersebut. Mereka menganalisis dampak dari produk yang mereka kembangkan atau sistem yang mereka rancang terhadap lingkungan dan orang yang menggunakannya.

Pengetahuan teknik diterapkan untuk meningkatkan banyak hal, termasuk kualitas perawatan kesehatan, keamanan produk makanan, dan operasi sistem keuangan.

Mengapa Memilih Teknik: Lebih dari Sekedar Matematika dan Sains

Banyak siswa yang tertarik pada teknik karena menyukai matematika dan sains. البعض (beberapa) yang lain tertarik karena ingin memahami teknologi dan cara kerja benda sehari-hari, atau mungkin benda yang lebih canggih.

Semakin banyak yang tertarik karena dampak signifikan yang dapat diberikan Engineering terhadap masalah global seperti air bersih, energi terbarukan, infrastruktur berkelanjutan, dan bantuan bencana.

Terlepas dari alasan awalnya, teknik berbeda dari matematika dan sains. Pada akhirnya, tujuan seorang Engineering adalah untuk membangun perangkat yang dapat melakukan tugas yang sebelumnya tidak bisa dilakukan, atau tidak bisa dilakukan dengan akurat, cepat, atau aman.

Matematika dan sains menyediakan beberapa peralatan dan metode yang memungkinkan Engineering untuk mengurangi pembuatan prototipe dengan menyempurnakan desain di atas kertas dan dengan simulasi komputer, sebelum logam dipotong atau perangkat keras dibuat. Seperti yang ditunjukkan oleh Gambar diatas, “teknik” dapat didefinisikan sebagai persimpangan antara aktivitas yang terkait dengan matematika, sains, simulasi komputer, dan perangkat keras.

Baca Juga: Pentingnya Pengujian Crash dengan Metode Elemen Hingga dan ANSYS

Sekitar 1,5 juta orang bekerja sebagai Engineering di Amerika Serikat. Sebagian besar bekerja di industri, dan kurang dari 10% bekerja di pemerintahan federal, negara bagian, dan lokal.

Engineering yang bekerja untuk pemerintah federal seringkali bekerja di organisasi seperti Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) atau Departemen Pertahanan (DOD), Transportasi (DOT), dan Energi (DOE). Sekitar 3-4% dari semua Engineering adalah wiraswasta, sebagian besar bekerja sebagai konsultan dan pengusaha.

Selain itu, gelar teknik mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di berbagai bidang yang berpengaruh. Dalam daftar CEO dari Standard & Poor’s 500 baru-baru ini, 33% memiliki gelar sarjana teknik, hampir tiga kali lipat dari mereka yang memiliki gelar administrasi bisnis atau ekonomi.

Survei serupa menunjukkan bahwa 28% CEO di Fortune 50 memiliki gelar sarjana teknik. Dari 13 sektor industri utama, teknik adalah jurusan paling populer untuk CEO di sembilan di antaranya:

  • Jasa Bisnis
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Listrik, Gas, dan Sanitasi
  • Komponen Elektronik
  • Mesin Industri dan Komersial
  • Instrumen Pengukuran
  • Ekstraksi Minyak dan Gas
  • Peralatan Transportasi

Hal ini dapat dimengerti karena Engineering tahu bahwa pemecahan masalah yang sukses dimulai dengan pengumpulan informasi yang efektif dan asumsi yang kuat.

Mereka tahu bagaimana memproses informasi untuk membuat keputusan sambil mempertimbangkan parameter yang tidak diketahui. Mereka juga tahu kapan harus memisahkan fakta dan emosi dalam pengambilan keputusan mereka sambil tetap sangat inovatif dan intuitif.

Meskipun lulusan teknik terwakili dengan baik di posisi kepemimpinan bisnis puncak, keterwakilan mereka di posisi kepemimpinan politik dan sipil puncak beragam. Saat ini, hanya 9 dari 540 anggota Kongres Amerika Serikat ke-114 yang merupakan Engineering, turun dari 11 Engineering di Kongres Amerika Serikat ke-113.

Namun, delapan dari sembilan anggota komite kepemimpinan sipil top baru-baru ini di China memiliki gelar teknik. Selain itu, tiga Presiden China terakhir semuanya adalah Engineering.

Meskipun bekerja di pemerintahan mungkin bukan ambisi karir Anda, para pemimpin di seluruh dunia dalam semua disiplin ilmu menyadari bahwa berbagai keterampilan dalam sains keras dan lunak diperlukan dalam dunia globalisasi dan komunikasi yang terus berkembang.

Engineering: Profesi yang Berkembang Pesat dengan Kebutuhan Global

Meskipun teknologi berkembang pesat dan membuat batasan geografis semakin tidak relevan, bidang teknik terus berubah. Banyak perubahan dalam cara pandang, permodelan, analisis, pemecahan masalah, dan penyebaran tantangan teknis, sosial, lingkungan, ekonomi, dan sipil para-Engineering dari perspektif global.

Kebanyakan Engineering, meskipun memiliki gelar di salah satu cabang utama teknik, pada akhirnya akan memilih spesialisasi. Sistem Klasifikasi Pekerjaan Standar (SOC) Pemerintah Federal mencakup 17 spesialisasi teknik, dan banyak spesialisasi lainnya diakui oleh asosiasi profesi. Selain itu, cabang utama teknik memiliki banyak sub-disiplin.

Sebagai contoh, teknik sipil mencakup sub-disiplin seperti teknik struktur, transportasi, perkotaan, dan konstruksi; teknik elektro mencakup sub-disiplin seperti teknik tenaga listrik, kontrol, elektronika, dan telekomunikasi. Gambar diatas menggambarkan distribusi Engineering di cabang utama, serta beberapa spesialisasi lainnya.

Para Engineering mengembangkan keterampilan mereka terlebih dahulu melalui pendidikan formal di program gelar sarjana terakreditasi, dan kemudian melalui studi pascasarjana lanjutan dan/atau pengalaman kerja praktik di bawah supervisi Engineering senior yang berpengalaman.

Saat memulai proyek baru, para Engineering seringkali mengandalkan penalaran, intuisi fisik, keterampilan langsung, dan penilaian yang diperoleh melalui pengalaman teknis sebelumnya.

Engineering secara rutin melakukan perkiraan kalkulasi untuk menjawab pertanyaan seperti, “Akankah mesin 10-hp cukup kuat untuk menjalankan kompresor udara itu?” atau “Berapa gaya G yang harus ditahan oleh bilah di turbocharger?”

Ketika jawaban untuk pertanyaan tertentu tidak diketahui atau informasi lebih lanjut diperlukan untuk menyelesaikan tugas, seorang Engineering akan melakukan penelitian tambahan menggunakan sumber-sumber seperti buku, jurnal profesional, dan publikasi perdagangan di perpustakaan teknik; situs web seperti Google Scholar atau CiteSeer; konferensi teknik dan pameran produk; paten; dan data yang disediakan oleh vendor industri.

Proses menjadi Engineering yang baik adalah usaha seumur hidup, dan merupakan gabungan dari pendidikan dan pengalaman.

Bisa dikatakan bahwa tidak mungkin membangun karier seumur hidup hanya dengan materi yang dipelajari di perguruan tinggi. Karena teknologi, pasar, dan ekonomi berkembang pesat, para Engineering terus-menerus mempelajari pendekatan dan teknik pemecahan masalah baru, serta menginformasikan penemuan mereka kepada orang lain.

Categories: UMUM

View Comments (0)

X

Headline

You can control the ways in which we improve and personalize your experience. Please choose whether you wish to allow the following:

Privacy Settings