Pentingnya Mempelajari Metode Pengukuran Teknik

Assalamualaikum temen2, kali ini saya @denidoflamingo akan membagikan sedikit ilmu yang berkaitan dengan pengukuran teknik. seperti yang kalian lihat pada judul artikel bahwa kita akan membahas hanya pada dasarnya dlu yaitu pentingnya mempelajari metode pengukuran teknik ini.

  1. Tidak ada eksperimen yang mudah dan tidak ada yang dapat
    menggantikan eksperimen dalam penelitian dasar dan pengembangan produk, sehingga metode pengukuran dan teknik analisa untuk interpretasi data harus dikuasai.
  2. Untuk melakukan suatu eksperimen harus tahu dan dapat menentukan variable-variabel fisik mana yang akan diselidiki dan apa peranan variable tersebut nanti dalam pengolahan analitik. Sehingga untuk menyiapkan peralatan eksperimen harus sudah mempunyai pengetahuan tentang prinsip dasar dari peralatan tersebut.
  3. Teori-teori baru dihasilkan dari eksperimen-eksperimen yang
    berkelanjutan. Semua teori yang muncul telah divalidasi dengan
    eksperimen
  4. Ketelitian yang diperlukan, biaya yang dikeluarkan dan upaya yang harus
    dilakukan tergantung dari tujuan eksperimen. Misalnya, amplifier
    (penguat) untuk kebutuhan rumah tangga mungkin tidak perlu ketelitian
    yang tinggi jika dibandingkan amplifier yang digunakan sebagai alat
    elektronik dalam satelit.
  5. Disamping dapat melakukan eksperimen, kita dituntut untuk dapat
    menganalisanya. Untuk analisa ini kita butuhkan teknik statistik, sehingga kita juga harus menguasai teknik-teknik statistik ini.
  6. Eksperimen ini harus direncanakan dengan baik, sehingga tidak akan ada data yang terlewatkan dan tidak ada data yang diambil tetapi ternyata tidak dipakai dalam proses analisanya, sehingga ini akan merugikan peneliti baik dari segi waktu maupun biaya. Sehingga yang terpenting adalah perencanaan dari penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: